Catat! Pendakian Ke Semeru Ditutup 3 Januari 2019

KOTA MALANG – Cuaca buruk berupa angin kencang disertai pohon tumbang di kawasan Semeru membuat Balai Besar Taman nasional Bromo Tengger Semeru menutup aktifitas pendakian di gunung tertinggi Pulau Jawa tersebut.

Melalui pengumuman resmi bernomor PG.03/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/12/2018, aktifitas pendakian ke Gunung Semeru resmi ditutup mulai tanggal 3 Januari 2019 mendatang hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

“Memperhatikan kondisi cuaca yang cenderung semakin memburuk disertai hujan lebat dan adanya pohon tumbang yang dapat mengancam keselamatan pengunjung, maka untuk sementara kegitan pendakian Gunung Semeru ditutup secara total mulai 3 Januari 2019 sampai dengan pemberitahuan selanjutnya,” bunyi pengumuman tersebut.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan, penutupan tersebut dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, menurut prakiraan cuaca, intensitas hujan di bulan Januari hingga April cukup tinggi sehingga diperlukan langkah antisipasi.

“Selain antisipasi cuaca buruk, penutupan ini juga bagian dari recovery ekosistem,” jelas Sarif.

Gunung Semeru memang secara rutin melakukan penutupan pendakian. Langkah ini dilakukan agar ekosistem hutan Semeru bisa melakukan pemulihan. Pada periode tersebut, pengelola dan para relawan juga melakukan pembersihan sampah.

Bersamaan dengan pengumuman yang ditandatangani pada 26 Desember tersebut, booking online pendakian ke Gunung Semeru juga ditutup pada 31 Desember 2018.

“Per 31 Desember, booking online close,” tegas Sarif.

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *