Begadang Yuk, Lihat Gerhana Bulan Terlama Abad Ini

MALANG – Kabar istimewa buat para traveller, fenomena alam langka bakal terjadi pada weekend minggu ini. Tepat pada 28 Juli 2018 dini hari, bakal terjadi gerhana bulan total dengan durasi terlama pada abad 21 ini. Menurut ahli astronomi, puncak gerhana bulan total akan terjadi selama 43 menit. Sementara, secara keseluruhan gerhana bulan sebagian setidaknya akan berlangsung selama 3 jam 55 menit.

Gerhana bulan sebenarnya terjadi ketika matahari, Bumi, dan bulan berada di satu garis lurus dan orbit bulan berada tepat di bayang-bayang Bumi. Nah, bayang-bayang Bumi yang disebut dengan umbra membuat bulan berwarna “Blood Moon” alias kemerahan lantaran atmosfer Bumi membiaskan sinar matahari.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin menyebut, di Indonesia,  gerhana bulan akan terjadi pukul 01.24 hingga 05.19 WIB dan fase total akan berdurasi satu jam 43 menit.

Lantas, di wilayah Indonesia mana masyarakat bisa menyaksikan fenomena gerhana bulan total?

Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto menyebut, seluruh wilayah Indonesia memiliki kesempatan untuk melihat gerhana bulan total pada dini hari 28 Juli 2018.

“Puncaknya pukul 03.23 WIB, di banyak berita disebutkan tanggal 27 Juli (waktu Greenwich, UK),” kata Rhorom seperti dilansir dari liputan6com.

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *