Traveling Pake Motor Dari Dilan Sampai Jokowi. Ikuti Dulu 12 Tips Ini

PIKNIKTERUSCOM – TRAVELING bisa dilakukan dengan banyak cara. salah satu cara paling asyik adalah dengan naik motor. Tengok saja Dilan yang kemana-mana naik motor, bahkan doi juga sukses merebut hati Milea saat berkendara di atas motor.

Bahkan sekelas Jokowi pun enjoy berkeliling dengan motor. Nggak cuma motor, gaya Jokowi pun terlihat beda lengkap dengan jaket jeans ala anak-anak generasi 90an. presiden asal Solo ini pun memantau pembangunan di berbagai wilayah dengan tunggangan Chopper emas miliknya.

Nah, buat kalian yang ingin traveling pakai motor. Piknikterus.com punya beberapa tips biar travelingmu tetap asyik.

1. Cek kondisi sepeda motor

Hal terpenting sebelum memulai traveling adalah memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Selalu pastikan semua fungsi seperti rem, gas, rantai sepeda, ban hingga mesin tidak mengalami gangguan. Kenapa penting? sebab saat traveling berarti kendaraan akan melakukan perjalanan jauh. Jangan sampai kamu mempertaruhkan keselamatanmu hanya karena terlalu percaya diri bahwa motor dalam kondisi baik.

“Lebih baik serahkan pemeriksaan ke ahli. Bawa ke bengkel yang memiliki mekanik terlatih,” jelas cowok pemotor asal Malang, Tommy Pamungkas.

ilustrasi service motor (source: honda mpm)

2. Bawa surat-surat kendaraan lengkap

Surat-surat terdengar sepele, kelengkapan seperti SIM dan STNKĀ  adalah hal penting. Kamu nggak mau kan berurusan dengan polisi gara-gara tidak bisa menunjukkan kelengkapan berkendara saat bertemu operasi ketertiban lalu lintas.

“Selalu bawa KTP, SIM dan STNK. Itu adalah bagan dari standart ketertiban saat berkendara,” kata Tommy

iustrasi kelengkapan surat motor (source: otosia)

3. Pelajari rute dan jalur yang akan kamu tempuh

Mempelajari rute sangat penting sebab bisa jadi ada banyak hal yang penting namun kita tidak siap menghadapinya. jalur-jalur rawan yang butuh keamanan, ondisi jalan rusak, tikungan berbahaya dan sejenisnya. jangan ragu untuk bertanya ke teman atau kerabat.

mempelajari rute perjalanan penting untuk memperlancar travelingmu (source: vivanews.com)

4. Perhatikan juga jarak, tujuan dan waktumu

Jangan bepergian jauh jika waktu liburmu cuma sedikit. Kamu juga harus mempertimbangkan jarak tempuh dan apa saja agendamu di sana dengan waktu yang kamu miliki.

“Jangan memaksakan waktu, kalau memang cuma punya libur 2-3 hari pilih tepat yang dekat-dekat dulu,” kata Tommy.

ilustrasi berpergian pakai motor(source: hipwee.com)

5. Gunakan helm standart

Keamanan saat berkendara adalah yang utama. Pastikan kamu pakai helm standar SNI guna melindungi keselamatanmu selama perjalanan.

6. Jaket dan perlengkapan safety lain jangan sampai lupa


Jangan nekat cuma pakai kaos atau kemeja saat saat berkendara, apalagi perjalanan jauh. Pastikan kamu memakai jaket yang aman dan hangat untuk melindungimu dari terpaan angin. Gunakan juga perlengkapan safety seperti sarung tangan dan sepatu untuk melindungi anggota badanmu.

7. Kunci-kunci sederhana jangan sampai lupa

Kamu pasti berharap lancar selama perjalanan, tapi siapa sih yang bisa memastikannya? Nah, makanya kunci-kunci kecil untuk memperbaiki motor jangan sampai tertinggal, bawa juga busi dan ban cadangan, hal ini untuk mengantisipasi jika tiba-tiba motor kamu mogok atau mengalami masalah.

8. Jas Hujan

Selain itu juga jangan lupakan jas hujan, daripada kamu kehujanan lebih baik persiapkan segalanya dari rumah sebelumnya.

9. Istirahatlah sesering mungkin

Dengan naik motor memang lebih praktis dan kamu juga bisa mengatur sendiri waktunya. Tapi juga jangan memaksakan untuk cepat sampai tujuan. Kalau lelah atau mengantuk kamu harus segera beristirahat, bisa di pinggir jalan atau mencari rest area.

10. Kalau boncengan jangan sungkan bergantian

Bergantian mengemudi saat traveling efektif untuk menjaga stamna selama perjalanan (source: Phinemo)

Nah, jika kamu berboncengan dengan rekan jangan sungkan atau malu untuk bergantian menyetir. Dengan begitu kamu bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar.

11. Sebelum berangkat pastikan kondisi badan fit

Selain kondisi kendaraanmu, kondisi kesehatanmu juga wajib diperhatikan. Sebaiknya jaga kondisi sebelum melakukan perjalanan, agar saat berangkat kondisi badanmu tetap fit.

12. Jangan malu bertanya kalau tersesat

Perjalanan yang kamu harapkan bisa jadi nggak selalu mulus. Saat harus tersesat di perjalanan, jangan sungkan dan takut bertanya dengan penduduk setempat. Meskipun kamu sudah berbekal google maps sekali pun.

Tips ekstra dari piknikterus.co buat kamu yang bepergian pake motor. Pastikan tubuh dalam kondisi sehat dan jangan lupa membaa obat-obatan pribadi agar perjalananmu nyaman. Tak kalah penting, jangan lupa berdoa ya. agar diberi keselamatan sepanjang perjalanan mulai bernagkat hingga kembali ke rumah. selamat bersenang-senang. (fia)

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *