Begini Cara Kota Malang Raup Kunjungan Wisatawan 5 Juta Orang di 2018

 

MALANG – Kota Malang menargetkan angka kunjungan wisatawan bisa mencapai lebih dari 5 juta orang di 2018. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang optimis target tersebut dapat tercapai mengingat pada 2016 lalu, realisasi kunjungan wisatawan untuk turis local mencapai 4,9 juta sedangkan wisatawan asing sekitar 4600 orang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan. Kota Malang tidak memiliki banyak destinasi wisata seperti Kota Batu maupun Kabupaten Malang. Karena itu, strategi yang akan digencarkan demi mencapai target peningkatan jumlah wisatawan adalah dengan memperbanyak event.

“Jika berkaitan dengan event modern kita optimalkan sektor ekonomi kreatif, sedangkan untuk event tradisional dioptimalkan oleh sektor pengembangan budaya,” jelas Ida kepada piknikterus.com.

Efektifitas even sebagai magnet wisatawan bisa dilihat dari lonjakan kunjungan luar daerah saat Kota Malang menjadi tuan rumah untuk Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) pada 2016 lalu dan kembali dipilih menjadi tuan rumah untuk perhelatan pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di 2017. Pada dua even skala nasional itu okupansi hotel di Malang berada pada top performance.

“Memang nantinya wisatawan akan visit ke destinasi yang ada di Kabupaten Malang atau Kota Batu, namun stay (menginap) di Malang. Nah sehingga tugas kita adalah merancang kegiatan yang membuat wisatawan memperpanjang masa kunjungannya,” terang dia.

Di 2018 sejumlah even telah disiapkan, mulai dari Festival Kendaraan Hias di bulan Agustus, Malang Flower Carnival di bulan September, Malang Sejuta Kopi di bulan April, festival Panji Nusantara, hingga Malang Artnival .
“Khusus Malang Flower Carnival sudah masuk 100 event dalam kalender wonderful Indonesia milik kementerian pariwisata,” pungkas dia.(fia)

 

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *