Hemat Saat Traveling? Ini Caranya

PIKNIKTERUS – Traveling sudah menjadi kebutuhan agar terlepas dari stress berkepanjangan karena pekerjaan menumpuk. Wajib punya banyak uang untuk piknik? nggak harus. Ada segudang cara untuk menghemat pengeluaran saat berpergian sehingga traveler nggak harus menyediakan segepok uang demi mengeksplorasi sebuah tempat.

 

Salah satu cara yang paling sering dipakai oleh traveler adalah dengan membeli tiket pesawat jauh-jauh hari. Langkah ini dinilai efektif untuk menghemat biaya transportasi ketimbang membeli tiket pesawat di last minutes. Melansir Insider, berikut beberapa cheat agar piknik lebih irit.

  1. Masak Sendiri atau Street Food

Masakan restoran memang enak, namun seringkali harganya menguras kantong. Cobalah untuk berburu makanan di street food. Makanan yang ditemui di jalanan justru sering kali menampilkan rasa yang otentik dan harganya murah. Hanya saja, pastikan memilih makanan yang higienis untuk menjaga kesehatan. Opsi lain, masaklah sendiri dengan membeli bahan-bahan masakan di pasar tradisional setempat. Selain lebih hemat, juga lebih sehat.

2. Big No To Hotel

Jika berpergian dengan budget pas-pasan, sebaiknya hindari menginap di hotel. Pilihlah hostel yang lebih ramah kantong. Banyak hostel yang menawarkan tarif menginap hingga di bawah Rp 100.000. Tak hanya murah, Kamu juga berkesempatan memperluas jaringan dengan bertemu traveler lain.

3. Bawa Botol Minum Sendiri

Minum adalah kebutuhan vital saat diperjalanan demi mencegah dehidrasi.  Jika setiap kali butuh minum, Anda membeli air dalam kemasan, bisa jadi budget untuk minum akan sangat besar. Cobalah membawa botol air minum sendiri. Selain hemat, juga lebih ramah lingkungan.

4. Jauhi Cafe dan Tempat Hiburan Malam

Hindari cafe dan tempat hiburan malam. Biaya yang akan Kamu keluarkan bisa jadi berlipat-lipat tanpa Kamu sadari.

5. Cari Pekerjaan Paruh Waktu

Ini adalah cara hemat jika Kamu berpergian ke suatu tempat dalam jangka waktu yang lama. Mencari pekerjaan paruh waktu di kota setempat akan membantumu mendapatkan penghasilan tambahan, dengan kata lain mengemat biaya pengeluaran.

6. Eksplorasi Tempat Wisata Murah

Tempat wisata ada beragam jenis. Mulai dari yang eksklusif dengan harga selangit, hingga yang merakyat tapi tetap terasa nikmat. Nah, pilihlah tempat-tempat wisata murah. Jika ke Jakarta, Kamu bisa datang ke Kota Tua. Arsitektur yang indah sangat cocok untuk mengisi feed Instagrammu. Kalau datang ke Malang, deretan kampung tematik Warna Warni Jodipan, Kampung Tridi, sampai Kampung Biru bisa dinikmati hanya dengan membayar tak sampai Rp 5000 saja.(fia/ara)

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *