Ini Alasan Pokdarwis Tanam ATM Di Bawah Laut

 

PIKNIKTERUS – Pemasangan mesin ATM di bawah laut Pahawang menjadi viral dan menimbulkan kontroversi di masyarakat, khususnya netizen. Banyak yang mendukung langkah tersebut, namun tak sedikit pula yang mengecam aksi tersebut karena dianggap merusak ekosistem bawah laut.

 

Melihat kontriversi tersebut, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pahawang, Suhendi menuturkan alasan di balik ide penanaman mesin ATM di bawah laut. Menurutnya, selain sebagai spot foto, mesin ATM yang sudah tidak berfungsi tersebut nantinya bisa dipakai sebagai rumah ikan sekaligus rak untuk penanaman terumbu karang.

 

“Mesin-mesin ATM tersebut akan dipakai sebagai rumah transplantasi terumbu karang,” jelas Suhendi.

 

Dilansir dari detik travel, penempatan mesin ATM di perairang Pahawang pun tidak sembarangan. Tiga mesin uang itu dipasang di spot yang kondisi terumbu karangnya rusak dan berpasir. Dari data yang dihimpun piknikterus,com, media transplantasi terumbu karang sangat beragam. Namun pada intinya, media tersebut harus kokoh dari segi materi untuk menahan arus air sehingga terumbu karang bisa tumbuh sempurna.

Spot diving di Tulamben, Bali yang memanfaatkan kapal karam (source: dive the world)

Di perairan Tulamben, Bali misalnya, spot diving yang ditawarkan adalah kapal karam USAT Liberty. Kapal yang karam dan korosif karena air laut itu kini menjadi rumah bagi ikan (fish apartment) dan tempat menempel terumbu karang. Bukan hanya kapal, namun di lokasi tersebut juga bisa ditemukan patung-patung Budha yang sengaja ditenggelamkan sebagai media transplantasi terumbu karang.

Patung-patung beraliran Budha ditenggelamkan di perairan Tulamben sebagai spot foto sekaligus media transplantasi terumbu karang dan rumah ikan (source: dive the world)

“Harapan ke depannya adalah mesin ATM ini bisa menjadi tempat konservasi terumbu karang. Juga kami mengimbau untuk para traveler untuk tidak menggunakan fin saat snorkling di kawasan ini,” imbuh Suhendi.

 

Pulau Pahawang berada di Provinsi Lampung, tepatnya di wilayah Kabupaten pesawaran. Pulau ini dikenal sebagai kawasan yang memiliki bawah laut yang sangat indah. Beragam spesies terumbu karang dan ikan laut bisa ditemui di sini.(dtc/ara)

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *