Jazzy Station, Cara Baru PT KAI Manjakan Penumpang

 

MALANG – Kini menunggu keberangkatan di stasiun kereta api tak membosankan seperti sebelumnya. Pasalnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) meng-upgrade layanan dengan menghadirkan pertunjukan musik yang akan menghibur para traveler saat menunggu jadwak keberangkatan.

 

Di beberapa stasiun besar, seperti Surabaya Gubeng, Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Semarang Twang, Stasiun Yogyakarta, termasuk Stasiun Kota Malang, telah disediakan hiburan musik yakni Jazzy Station. Pertunjukan musik ini diisi oleh komunitas lokal dan disuguhkan secara live.

 

Jazzy Station ini digelar setiap hari Selasa dan Rabu, selama bulan Februari 2018. Beberapa komunitas musik di Kota Malang menjadi pengisi Jazzy Station, yakni Saxommunity Malang, Ngalam Jazz Community, Soundcloud Malang, dan Ekstraversi.

 

Manager Humas Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko mengatakan, Jazzy Station selain sebagai layanan prima PT KAI, juga sebagai bentuk apresiasi kepada para musisi jazz. “Ini juga sebagai wadah aktualisasi diri para musisi. Dengan adanya Jazzy Station ini juga kami berusaha untuk meningkatkan animo masyarakat menggunakan kereta api,” kata Gatut.

 

Diakui Gatut, Jazzy Station mendapatkan respon positif dari para pengguna kereta api. Hal ini terlihat pada peningkatan okupansi hingga pertengahan Februari 2018. “Bulan Februari adalah low season bagi kami. Biasanya hanya 30 sampai 40 persen. Sejak ada Jazzy Station, peningkatan terjadi tapi tidak signifikan. Hanya 6 sampai 7 persen. Hal ini pula yang membuat kami memilih Jazzy Station digelar pada bulan Februari,” jelasnya.

 

PT KAI juga memanfaatkan program Jazzy Station sebagai media sosialisasi layanan baru atau kebijakan baru. “Setelah evaluasi, jika hasilnya baik maka tak menutup kemungkinan program ini akan dilanjutkan pada bulan-bulan berikutnya,” pungkas Gatut. (dni/ara)

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *