5 Film Bertema Perjalanan yang Bikin Kamu Semangat Traveling

PIKNIKTERUS – Film bagi sebagian orang mampu memotivasi terhadap suatu hal, termasuk film traveling yang bertemakan perjalanan ke suatu tempat entah untuk mencari sesuatu hal yang jelas atau memang mencari ketidakjelasan yang menjadi tujuan. Film perjalanan dibuat berdasarkan novel atau memang atas imajinasi pembuat film tersebut, namun bila kita lihat akhir-akhir kini sering bermunculan film perjalanan yang muncul dari kisah nyata dengan alur cerita yang telah disesuaikan tanpa merubah inti dan tujuan perjalanan tersebut.

 

Film perjalanan tentu saja selalu memuat petualangan, walaupun bukan tentang petualangan hidup dan mati. Petualangan akan pencarian hal yang tidak ada di tempat yang biasa kita tinggali, akan memaknai beragam pesan hidup yang harus kita syukuri. Tak jarang pula ada adegan yang penuh aksi hingga isak sendu di akhir cerita.

 

1. Secret Life Of Walter Mitty

Menceritakan Walter, seorang yang introvert, aneh dan foto editor pada majalah LIFE. Kehidupan nyatanya sangat membosankan, namun ia memiliki imajinasi yang baik. Sampai ketika pekerjaannya terancam, ia memutuskan untuk berpetualang seumur hidupnya. Melakukan perjalanan keliling dunia dari Islandia hingga Afganistan untuk mencari tantangan yang beresiko di setiap perjalananya. Pemandangan yang dijasikan dalam film ini akan membuat kita ingin mengujunginya, soundtrack yang dipakai pada film ini juga sangat pas dengan masing-masing kejadian. Film ini tepat bagi kamu yang rindu akan sesuatu yang lebih dari sekedar “hidup”.

 

2. A Map For Saturday

Sebuah dokumentasi perjalanan yang mengangkat seseorang yang keluar dari zona nyaman saat bekerja pada HBO. Ia berkeliling dunia selama satu tahun dan membaca ransel kesayangannya. Film ini menunjukkan cara yang berbeda untuk bepergian, serta memberikan sebuah gambaran jelas tentang perjalanan yang memakan waktu sangat lama. Kamu akan sangat merasakan pengalaman melakukan perjalanan pada level pribadi. Jika kamu belum pernah melakukan hal seperti ini, maka film ini akan menujukkan apa saja yang pengalaman yang bisa diperoleh. Hal yang menarik adalah semua orang bisa bepergian dengan murah bila mereka benar-benar menginginkannya.

 

3. 5 CM

Film 5 cm sukses membuat banyak orang menjadi pendaki dadakan. Sebelum ada film 5 CM, sudah ada film Gie (2005, bercerita tentang aktivis muda tahun 60-an meninggal di Semeru karena hipotermia. Film 5 CM pun bercerita tentang kisah lima sekawan yang akhirnya bertemu lagi dengan melakukan perjalanan ke puncak Mahameru untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Dampak film 5 cm memang sangat terasa, jumlah pendaki menjadi meningkat drastis dan perekonomian di kawasan Gunung Tengger Semeru pun semakin baik. Kamu yang memang hobi mendaki ke puncak Mahameru, pasti merasakan sekali perbandingannya sebelum dan setelah tayangnya film 5 CM ini.

 

4. Into The Wild

Kisah nyata yang dialami oleh Christopher McCandless. Dia bertemu beragam jenis orang sepanjang perjalanannya dengan masing-asing kisah mereka. Hidupnya diisi oleh petualangan dan pengalaman yang tidak terduga. Pengalaman yang indah dan buruk membuat kamu tahu siapa dirimu. Perjalanan dalam waktu yang lama membuat kamu mendapatkan pengalaman baru yang tak terkira jumlahnya.

 

5. 127 Hours

127 Hours merupakan film yang akan memberikan pelajaran kepada kita bahwa akan ada banyak hal tak terduga dalam sebuah perjalanan. Film ini diilhami dari kisah nyata seorang Aron Ralston. Ia merupakan seseorang yang gemar menjelajahi keindahan ngarai. Suatu ketika saat melakukan kegiatan yang ia sukai, tanpa sengaja ia terjebak di antara tebing dengan sebuah batu di tengahnya. Tangannya terjepit di batu tersebut. Ia pun harus menghabiskan 5 hari dan mencoba untuk bertahan hidup.

 

Dalam waktu 5 hari tersebut Aron Ralston melakukan banyak refleksi atas perjalanan hidup yang telah ia lewatkan. Pada akhirnya, Aron Ralston berhasil lolos dari tebing dengan memotong bagian tangannya yang terjepit batu. Film ini dirilis tahun 2010 dan dibintangi oleh James Franco.(fia/ara)

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *