Sambut Imlek 2018, Google Doodle Berwujud Hewan Shio

MALANG – Jika Anda membuka Google hari ini, ada akan mendapatkat logo Google atau yang biasa disebut dengan Google Doodle bertema hewan. Yups, hewan yang menghiasi Google Doodle hari ini adalah lambang zodiak Cina (shio) untuk menghormati perayaan Imlek (lunar new year) yang tengah diselenggarakan di berbagai penjuru dunia dengan populasi etnis Tionghoa cukup tinggi.

 

Beberapa negara yang merayakan Imlek antara lain Cina Daratan, Hong Kong, Macau, Singapura, Taiwan, Laos, Malaysia, Filipina, dan Thailand serta Indonesia, termasuk di Malang, Jawa Timur.

 

Di Malang sendiri, ornament-ornamen Imlek udah muncul di berbagai sudut kota sejak beberapa minggu lalu. Matos misalnya, mall yang berada di kawasan jalan Veteran ini menghadirkan dekorasi anjing tanah. Lampion-lampion dipasang di berbagai tempat, termasuk di taman publik yang berada di depan area  mall.

 

Taman depan Matos yang dihiasi dengan ornamen khas Imlek (Rida Ayu)

Tak hanya merayakan secara dekoratif, Matos juga menghadirkan event Imlek, salah satunya adalah parade Imlek yang berisi atraksi barongsai, atraksi wushu, fashion show bertema imlek, dan masih banyak lagi.

 

Bukan hanya mall, restoran pun ikut merayakan Imlek. Di Hotel Tugu misalnya, hotel bintang lima berkonsep butik itu menghadirkan jamuan makan malam romantic yang mengangkat romantisme Sam Pek Eng tay (kisah cinta ala Rome Juliet versi Tionghoa).

 

Executive Assistant Manager Hotel Tugu Malang, Crescentia Harividyanti mengatakan, jamuan makan malam saat Imlek sudah dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Langkah tersebut menjadi salah satu bagian perayaan tradisi-tradisi di dunia yang konsisten diselenggarakan di hotel tersebut.

 

“Biasanya reservasi untuk makan malam dilakukan H+1 perayaan Imlek. Keluarga-keluarga besar memilih untuk keluar makan malam untuk merayakan kebersamaan,” jelas Cres.

 

Tahun baru Imlek memang merupakan salah satu agenda penting dalam penanggalan Cina. Festival ini secara tradisional dimulai pada hari pertama bulan (bahasa China: 正月; pinyin: zhēng yuè) di kalender China dan berakhir dengan Festival Lentera yang berada pada hari ke 15.

 

Suasana Imlek nan romantis di Hotel Tugu

Cres menjelaskan, Imlek merupakan momen dimana seluruh keluarga besar berkumpul. sehingga tak heran jika saat perayaan lunar new year, restoran-restoran berlomba menghadirkan menu oriental. bukan hanya menu, konsep penataan meja pun berubah. jika biasanya meja dibuat untuk skala kecil antara 2- 5 orang, kini saat Imlek meja dibuat untuk jamuan skala besar di atas 10 orang baik.

 

“Ada meja panjang, ada meja bundar. Yang jelas harus di set up untuk banyak orang dalam satu meja karena ini makan malam dengan banyak anggota keluarga,” terang Cres.(fia/ara)

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *