Pendakian Imut ala Gunung Panderman

MALANG – mendaki Semeru tapi takut nggak kuat?, solusinya, berlatihlah dulu menaklukkan Gunung Panderman yang berada di Kota Batu. Masyarakat menyebutnya dengan gunung, namun sejatinya rangkaian gunung Putri Tidur ini adalah bukit.

 

Panderman memiliki ketinggian sekitar 2000 mdpl. jalur trek yang ditawarkan mudah karena hanya ada satu jalur sehingga tipis kemungkinannya untuk tersesat. Meskipun single track, namun medannya beragam. Ada jalan datar, tanjakan datar, tanjakan sedang berbatu dan tanjakan curam. Jarak antara pintu masuk pendaki dengan puncak relatif dekat, hanya beberapa jam. Karena itulah, jika ingin summit ke puncak Panderman, hanya butuh waktu tak lebih dari satu hari. Imut banget kan pendakiannya?

 

Dibutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat jam untuk melewati tiga pos yang ada yaitu latar ombo di check point pertama, watu gede dan puncak bayangan. Dari latar ombo ke puncak bayangan cukup mudah. Namun setelah itu tanjakan curam dengan kemiringan yang ‘lebay’ mewarnai perjalanan menuju puncak. Dikatakan lebay karena jalurnya hampir tegak dengan bebatuan besar. Meskipun tidak jauh, tetapi cukup menguras tenaga dan bisa menipiskan stok air minum.

 

Usai mendaki, jelas akan terasa lelah. Namun pemandangan yang disuguhkan luar biasa. Hamparan city view Kota Batu dan Malang terlihat jelas. Itu saat malam. Di pagi hari, traveller akan disuguhi pemandangan yang tak kalah menawan. Hamparan city view itu akan ditambah dengan bayangan gunung berbentuk di kejauhan yang sesekali mengeluarkan gumpalan yang kadang membentuk jamur.

 

Yups, gunung terlihat dari kejauhan itu adalah gunung Semeru di kawasan Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Di sisi lain, Gunung Welirang secara konstan mengeluarkan asap laksana pria perokok berat.

 

Nah, bagi Anda yang pertama kali naik ke Panderman, tidak ada salahnya menyimak tips berikut:

  1. Bawa persediaan air cukup. Sebab di puncak tidak ada sumber air.
  2. Mendakilah malam hari agar tak terasa berat. Kenapa? Saat malam, trek tidak terlalu terlihat jelas sehingga tanjakan terasa tidak seberat ketika siang hari.
  3. Jangan menaruh barang di luar tenda tanpa penjagaan jika tidak ingin persediaan makan atau barang Anda yang lain diambil oleh monyet usil yang memang banyak berkeliaran di puncak Panderman terutama saat siang hari
  4. Bawa obat-obatan secukupnya
  5. Bawa trash bag dan bawa kembali sampah yang Anda timbulkan. Jangan berharap monyet di puncak Panderman akan membersihkan sampah Anda yang tidak ramah lingkungan. mereka binatang liar, bukan cleaning service di mall.(fia/ara)

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *