Sedaer River Tubing, Serunya Bikin Nagih

 

 

 

 

 

MALANG – Malang dikenal memiliki banyak destinasi wisata bernuansa adventure. Salah satu kegiatan adventure yang cukup kekinian adalah river tubing, yaitu penyusuran sungai  dengan memakai ban dalam kendaraan yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan keamanan. Salah satu operator penyedia river tubing adalah Sedaer River Tubing yang berada di Desa Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Sedaer River Tubing memanfaatkan aliran hulu Sungai Amprong yang cukup deras. Bebatuan alam membentuk jeram-jeram yang memacu adrenalin. Menurut salah satu pengelola Sedaer River Tubing, Suwanto, track yang ditawarkan Sedaer River Tubing memiliki sekitar 17 jeram.

“Tidak terlalu besar, tapi cukup menantang dan dijamin bikin basah,” ucap pria asli Poncokusumo itu.

Untuk memastikan keselamatan para tamu, Sedaer River Tubing telah menyiapkan seperangkat alat pengaman yaitu helm dan pelampung. Helm sendiri berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan selama pengarungan. Sedangkan pelampung dipakai untuk melindungi tubuh dari benturan sekaligus memastikan badan tetap mengambang saat berada di air.

“Tak bisa berenang pun nggak masalah, sebab rata-rata kedalaman air hanya sekitar 50 -100 cm. kalau pun ada yang dalam, tetap ada pelampung, jadi nggak akan tenggelam,” tegas dia.

Selain itu, ban dalam yang dipakai untuk pengarungan juga telah dimodifikasi sedemikian rupa agar aman untuk dinaiki. Ban tubing telah dilengkapi dengan dudukan yang nyaman dan safety karena mampu melindungi tulang ekor, serta tali pegangan untuk membantu memudahkan tamu menjaga keseimbangan selama di air.

Ekspresi pelancong saat melewati salah satu jeram di Sedaer River Tubing

“Guide juga akan mendampingi terus sepanjang pengarunagn sungai. Guide akan tersebar di titik-titik jeram untuk memastikan keselamatan tamu,” tegas Suwanto.

Untuk menikmati kegiatan penuh tantangan ini, Sedaer River Tubing membuka paket mulai harga Rp 100 ribu per pax dengan fasilitas berupa pendampingan guide, perlengkapan tubing, perlengkapan pengaman, rescue, local transport, lunch, welcome drink, hingga dokumentasi foto yang akan diberikan dalam bentuk soft copy di akhir kegiatan.

“Local transport itu untuk penjemputan dari finish kembali ke basecamp. Sedangkan jarak tempuh yang akan dilalui kurang lebih 2 KM dengan durasi sekitar 2 jam,” rincinya.

Suwanto menambahkan, untuk menikmati river tubing, ia menyarankan para tamu untuk reservasi terlebih dahulu. Pasalnya, kegiatan alam tersebut sangat bergantung pada cuaca dan persiapan matang dari para guide.

“Enaknya reservasi, agar bisa diatur jadwal dengan tamu lain. Sehingga tidak terjadi penumpukan tamu,” pungkas dia. Untuk reservasinya sendiri bias menghubungi 081334855774. (fia/ara)

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *