Mencicipi Ucok Durian, Legitnya Bikin Nagih

PILIH: karyawan Ucok Durian memilah antara buah yang bagus dan kurang bagus (Shuvia Rahma)

MEDAN – Berkunjung ke Medan, Sumatera Utara, rasanya belum lengkap jika tidak mencicipi buah durian. Buah unggulan ini menjadi komoditas yang diburu oleh para pelancong yang datang ke Medan. Salah satu penjual durian yang cukup populer adalah Ucok Durian.

Berbeda dengan penjual durian kebanyakan, Ucok Durian menyediakan tempatkhusus bagi pengunjung yang ingin makan durian di tempat. Meja-meja panjang dengan deretan kursi disiapkan bagi para pengunjung.

“Kita buka 24 jam. Bagaimana mau tutup, memang tempat kita nggak ada tutupnya karena ini kan teras,” seloroh Zainal Abidin, pemilik Ucok Durian sembari tertawa.

Ada tiga pilihan harga jika ingin makan ditempat. Rp 50 ribu per buah, Rp 75 ribu per buah, dan Rp 100 ribu per buah. Masing-masing dibedakan dari ukuran. Asyiknya, Ucok Durian menjamin durian yang disajikan berkualitas bagus. Jika ada yang kurang nikmat, pembeli boleh tukar tanpa perlu membayar buah yang ditukarkan. Jadi dijamin kalau makan durian di sini, pasti dapat yang legit!.

“Ditukar nggak bayar. Cukup bayar yang dimakan saja,” kata Nazar, salah satu pengunjung Ucok Durian yang datang bersama teman-temannya.

Zainal Abidin, pemilik Ucok Durian mengatakan, dalam sehari saat kondisi ramai, ia bisa menghabiskan sekitar 5000 buah durian. Dari jumlah itu,sekitar 3000 buah termasuk kategoi bagus, sedangkan sisanya jelek.

“Sebenarnya nggak jelek. Tapi bisa jadi rasanya dinilai kurang enak sama pembeli. Jadi ditukar. Itu pun tidak kita buang. Karena durian yang tidak dipilih konsumen, kita olah lagi menjadi produk lain, seperti pancake ataupun es krim durian,” imbuhnya.

Nggak cuma makan di tempat, durian di sini juga bisa dibawa pulang, tak perlu repot-repot membawa buahnya sembari tertusuk duri sebab Ucok Durian telah menyiapkan wadah-wadah khusus untuk take away. Pilihannya pun bermacam-macam. Mulai dari Rp 100 ribu untuk wadah plastik kecil dengan ukuran sekitar 17×9 cm dengan isi sekitar 2-2.5 buah durian. (ara)

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *