Iron Man Hingga Markona Semarakkan Pawai Apeksi 2017

SEMBUR: Peserta Pawai Budaya Apeksi 2017 dari Kalimantan (Shuvia Rahma)

MALANG – Seorang pria berumur berjalan tegap di jalan Ijen Malang tadi siang. Pria dengan keriput disekujur tubuhnya itu memakai baju adat khas Kalimantan, uniknya, topi obor dengan api menyala menghias kepalanya. Sementara kakinya dihiasi sepatu keds kekinian. Sesekali ia menyemburkan api yang membuat para fotografer sigap membidikkan kameranya pada peserta yang mewakili Kota Banjarmasin itu.

Di sisi lain, segerombol perempuan berparas cantik dengan gown ball hijau bunga-bunga asyik ngerumpi sembari sesekali meladeni permintaan foto dari warga.
Tak jauh dari situ, pria-pria berkumis garang duduk santai di bangku taman sementara para perempuan dengan kain khas berlatih tari diiringi lagu rancak khas Madura. Biasanya, kostum khas Madura ini dinamai Sakera untuk laki-laki dan Markonah untuk perempuan.

Itulah gambaran suasana pawai budaya dalam rangkaian kegiatan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2017. Dalam pawai tersebut, 98 daerah peserta Apeksi memamerkan kekayaan budaya masing-masing.
Bandung misalnya, kota yang dipimpin Ridwan Kamil ini memilih memadukan kesenian tradisional dengan sentuhan modern. Alih-alih menampilkan persona adat di muka, Bandung justru menjadikan dua karakter superhero bumblebee dan iron man sebagai pembawa panji panji.
“Perempuannya cantik-cantik. Sudah tinggi, masih pakai high heels pula,” celetuk salah satu penonton.
Event nasional ini memang menyedot perhatian warga. Tak hanya kota, banyak warga dari kabupaten Malang yang rela datang untuk menyaksikan ragam budaya yang dikemas dalam pawai tersebut. Salah satunya adalah Nina Nur Fitriana. Warga kepanjen ini mengaku datang sejak pukul 13.00 di Jalan Ijen. Kendati menunggu lama, namun ia puas dengan gelaran tersebut.
“Kecewa karena nunggunya lama banget. Untungnya penampilan tadi bagus-bagus. Jadi bangga dengan nusantara,” kata perempuan berjilbab ini.
Sebagai pembuka parade, kota di Jawa Timur berada di bagian terdepan. Kota Malang, Kota Batu dan Kota Pasuruan.(*/ara)

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *