Ngintip Ke Museum Tengkorak Penjahat, Berani?

ITALIA – MUSEUM yang menyimpan berbagai benda bersejarah sudah biasa. Tapi pernahkah Anda datang ke museum yang mengoleksi benda aneh dan tentu saja menyeramkan?

Datanglah ke Museum of Criminal Anthropology atau yang lebih dikenal sebagai Museum Lombroso di Turin, Italia. Museum ini bukan menyimpan benda-benda bersejarah seperti pada umumnya, namun mengoleksi ratusan tengkorak para pelaku kriminal.

Dikutip dariĀ okezone.com, Cesare Lombroso percaya bahwa untuk mengetahui apakah seseorang akan melakukan kejahatan bisa dilihat dari penampilan mereka. Oleh karena itu, dia meneliti ratusan tengkorak para kriminal untuk studinya sejak tahun 1866. Termasuk juga gambar, dokumen, dan tiang gantungan lainnya di Turin.

Lombroso percaya bahwa seseorang tidak belajar menjadi seorang penjahat. Tetapi mereka telah memiliki bawaan dari lahir atau secara alamiah. Menurutnya, seseorang yang terlahir sebagai penjahat memiliki rahang besar, proyeksi rahang ke depan, dahi miring rendah, tulang pipi tinggi, hidung rata, telinga berbentuk tangan, dagu besar, hidung seperti elang, bibir tebal, tidak peka terhadap rasa sakit, hingga lengan yang panjang seperti dilaporkan dalam Atlas Obscura.

Tidak hanya tengkorak para pelaku kriminal, Lombroso juga mengoleksi tengkorak tentara, penduduk sipil, penduduk asli pelaku kriminal dari tempat yang jauh, serta tengkorak orang gila. Ada pula otak dan model lilin untuk menunjukkan rupa penjahat yang terlahir alami. Bahkan, museum ini juga menyimpan kepala Lombroso sendiri ketika dia meninggal pada 1909.

Tengkorak-tengkorak tersebut didapatkan dari berbagai rumah sakit di penjara yang ada di berbagai negara dan disimpan dalam sebuah rak kayu terbuka. Semuanya ditata dengan rapi dan menampilkan tengkorak dengan berbagai ukuran.

Anda juga bisa melihat tengkorak lengkap dari kepala hingga tubuhnya. Beberapa tengkorak koleksi ini pun ada yang terbelah. Selain tengkorak, Anda juga bisa melihat berbagai alat-alat yang digunakan oleh para pelaku kriminal untuk melancarkan aksinya, seperti pisau kecil, tali, hingga topeng. Beranikah Anda masuk ke dalam museum ini?. (*/ara)

piknik terus

follow us on: Instagram @piknikterus_com twitter @piknikteruscom

One thought on “Ngintip Ke Museum Tengkorak Penjahat, Berani?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *